KEGIATAN BARU 2002 - 2004

The Law & Finance Institutional Partnership (LFIP) telah mulai mengusahakan reformasi hukum & pasar modal sejak Januari 2000, institutional partnership ini terdiri dari Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia (PPS FHUI), Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan University of South Carolina (USC). Terhitung sejak bulan Juli 20002 LFIP menambah lima anggota baru dari Indonesia & lima partner lainnya dari luar negeri : Program Hukum Bisnis dan Kenegaraan Universitas Gadjah Mada (PHBK UGM), Asian Law Program University of Washington , Asian Law Centre University of Melbourne , Centre for Asia-Pacific Initiatives pada University of Victoria, Kanada, dan Lehrstuhl II of the Kriminalwissenschaftliches Institut pada University of Cologne, Jerman. Sebagai tambahan, Program Pasacasarjana Fakultas Hukum Universitas Diponegoro & Program Pasacasarjana Universitas Sumatera Utara tanpa menjadi anggota penuh LFIP akan secara aktif turut serta dalam proses belajar jarak jauh yang diselenggarakan LFIP sebagai pihak penerima materi program. Bila diperlukan LFIP juga akan mempertimbangkan untuk mengikutsertakan universitas-universitas Indonesia yang lainnya ke dalam jaring pendidikan jarak jauh dengan yang cara sama seperti pada USU dan UNDIP.

LFIP akan memusatkan perhatian pada 2 hal untuk periode Juli 2002 - Juli 2004, sebagai berikut :

1. LFIP akan beroperasi antar 4 universitas di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Diponegoro. Dengan masukan materi dari universitas asing di luar negeri, menjalankan program materi belajar jarak jauh untuk Program Pascasarjana (S-2 & S-3) melalui Video conference dan materi mata kuliah yang terdapat di dalam situs LFIP. Universitas Indonesia & Universitas Gadjah Mada merupakan penyedia materi dari dalam negeri sementara Universitas Sumatera Utara dan Universitas Diponegoro akan berperan sebagai penerima materi di dalam negeri, sedangkan University of South Carolina, University of Washington, University of Victoria dan University of Cologne berperan sebagai penyedia materi mata kuliah internasional.

2. LFIP akan meneruskan program reformasi sektor Pasar Modal / Keuangan melalui Bursa Efek Jakarta (BEJ) sebagai SRO dan terus membantu perusahaan Indonesia untuk mencapai sektor swasta yang dihasilkan dalam bidang-bidang seperti Good Governance melalui Komisi Nasional Good Corporate Governance dan LFIP terhubung dengan Lembaga Komisioner dan Direktur Independen (LKDI) dan Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI), juga melaksanakan hasil riset sebagai dasar pembelian saran dan meredakan perdebatan mengenai Kebijakan Sektor Swasta dan Pemerintah terutama mengenai Demutualisasi Bursa Efek dan penyusunan kembali peraturan sektor Keuangan, termasuk apabila diperlukan akan bekerja sama dengan Bursa Berjangka Jakarta (BBJ)

University of South Carolina melalui USC Research Foundation merupakan manajer partner LFIP yang bertanggung jawab manajemen operasional dan financial pada USC School of Law.



HOME