RENCANA BARU 2002 - 2004

The Law & Finance Institutional Partnership (LFIP) sejak tahun 2000 telah bergerak di bidang reformasi hukum dan pasar modal, sebuah partnership institusi yang terdiri dari Program Pasca Sarjana Fakultas Hukum UI, Bursa Efek Jakarta dan University of South Carolina. Saat ini LFIP menambah lima universitas di Indonesia dan universitas lain di luar negeri sebagai partnernya: Universitas Gadjah Mada Program Hukum Bisnis dan Kenegaraan, the University of Washington Program Hukum Asia (Asian Law Program), the University of Melbourne Asian Law Centre, the Centre for Asia-Pacific Initiatives at the University of Victoria, Canada (CAPI Uvic), dan Lehrstuhl II of the Kriminalwissenschaftliches Institut at the University of Cologne, Germany (UniKoeln). Sebagai tambahan, Program Pasca Sarjana Ilmu Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Program Pasca Sarjana Ilmu Hukum Universitas Sumatra Utara (USU) akan menjadi penerima materi dari mata kuliah program belajar jarak jauh yang diselenggarakan oleh LFIP tanpa menjadi anggota penuh LFIP.

Untuk periode Juli 2002 - Juli 2004 fokus LFIP akan dititikberatkan pada dua hal, sebagai berikut :

1. Mengoperasikan bersama dengan empat universitas di Indonesia UI, UGM, USU dan UNDIP, dengan input dari universitas-universitas di luar negeri, sebuah jaringan pendidikan jarak jauh untuk Program Pasca Sarjana (S-2 & S-3) berdasarkan pada materi dari videoconferece and situs web. UI dan UGM akan bertindak sebagai penyedia materi di dalam negeri, sementara USU dan UNDIP bertindak sebagai penerima materi kuliah di dalam negeri, University of South Carolina Washington, Melbourne, Victoria dan Cologne bertugas sebagai penyedia materi kuliah internasional.

2. Meneruskan usaha untuk reformasi di bidang pasar modal / finansial melalui Bursa Efek Jakarta sebagai SRO dan membimbing perusahaan-perusahaan besar di Indonesia untuk meraih hasil sektor swasta di bidang usaha yang baik melalui Komisi Nasional Kebijakan Good Governance dan berhubungan dengan Lembaga Komisioner dan Direktur Independen (LKDI) ditambah dengan arbitrasi pasar modal, serta mengusahakan penerapan riset sebagai dasar untuk pemberian saran dan menguraikan perdebatan mengenai kebijakan jangka panjang antara sektor swasta dan pemerintah terutama mengenai demutualisasi bursa efek dan reorganisasi peraturan sektor finansial Indonesia.

University of South Carolina melalui USC Research Foundation adalah merupakan partner kerja LFIP dengan tanggung jawab manajemen operasional dan finansial.

 


HOME